Relation of human

images (2)

Sedikit mengutip kata JKT48 ‘Hubungan antar manusia memang merepotkan!! tapi kita tak bisa hidup sendiri’

satu kata

Bullshit.

Well, iya. relation? bullshit -,- totally mess.

Dulu gua selalu mendewakan yang namanya teman dan hubungan baik sama orang lain. Tapi begitu gua masuk kuliah, jangan mimpi! Beneran jangan mimpi.

Hidup itu keras. Nyatanya begitu, bahkan ada seseorang yang pernah bilang kalo hidup itu cuma sekedar proses perayaan jatuh bangun seorang diri-seorang diri! dan itu benar gua akuin belakangan ini.

Pandangan gua tentang hidup berubah drastis begitu gua jadi seorang mahasiswa. Tinggal sendirian di kota yang sama sekali asing untuk gua. Belajar hal baru, ketemu orang-orang baru yang sifatnya beragam.

Satu hal yang bisa gua tangkep dalam hubungan antar manusia yang rumit ini. Semakin lo baper semakin lo kalah, itu intinya. Baper dalam hal ini bukan baper-baperan ala anak kekinian yang suka galau di timeline ya… Baper disini dalam artian perasaan lo gak boleh terlihat dan terasa sama orang lain. Tutup rapat-rapat semua perasaan lo jangan sampai ada orang lain yan tau. Karna semakin lo terbuka sama perasaan lo. Orang lain akan menggunakan emosi lo untuk buat lo jatuh. Seriusan ini beberapa kali gua alami sendiri selama 5 semester gua kuliah.

Awal-awal gua gak terbiasa dengan kehidupan yang kaya gini..

Jujur gua juga bukan berasal dari keluarga yang sempurna atau pergaulan sempurna tanpa cacat. Tapi sebelum ini, gua terbiasa jadi anak yang ekspresif dan idealis tentang sikap. Suka ya suka tidak ya tidak. Ada beberapa batasan yang memang sudah baku dalam pergaulan dan yang paling penting GUA DIAJARKAN UNTUK TIDAK MUNAFIK. Dulu gua paling anti sama sifat itu. Tapi nyatanya sekarang?? yah sedikit banyak gua mempraktikkannya sendiri.

Munafik.. sekarang kata itu semakin terdengar akrab untuk gua, walaupun gua belom jago banget /ceritanya bangga jadi orang munafik/ anggap aja gitu deh. Berdasarkan pengamatan, hampir semua orang disekitar gua punya sifat ini sedikit banyak. Dari mulai relasi yang sekedar kenal sampai teman yang katanya ‘deket’. Trus parahnya gua kadang merasa jengkel sendiri bergaul dengan mereka. Kok bisa ya?

Berpikirlah secara jernih. lo ketawa ketiwi di depan dia layaknya mahluk sosial normal, lalu tanpa lo sadari ternyata diam-diam dia akan menyebar aib lo dan menjadikan lo bahan lelucon di depan orang lain seperti ia menjadikan orang lain bahan lelucon di depan lo. Kan gak lucu.. Parahnya gua akrab sama manusia jenis ini. Parah..

Capek?? Pasti.

Gua bertanya-tanya apakah ini karna gua sok suci aja? Jawabannya udah pasti salah! Gua adalah salah satu mahluk paling lambe yang suka gosip. Apalagi kalo baca berita Andika kangen band di line today.. gila semangat 45 banget. Trus kenapa ya gua gak suka sama dia? KARNA GUA BENCI ORANG MUNAFIK. Yaps.. itu. Gua lelah kadang-kadang ngeliat sikap mereka yang sok baik di depan banyak orang tapi kemudian dia menyebar aib orang tersebut berasa mahluk tak berdosa di dunia ini.

Bukannya gua sok suci. Enggaklah gilaa.. dosa gua mah bejibun. Tapi bisa gak sih lo jujur sama perasaan lo sendiri? setiap orang pernah kok gak suka sama orang lain, termasuk gua. Tapi kan gak harus sok baik trus nyebar aib orang lain juga caranya. Kalo gak suka ya diam, pendam sendiri. Kalo memang gak bisa … curhatlah sama temen tapi gak usah sebut nama. Anggeplah dia itu mister X atau miss X .. kan bisa. Atau kalo mau lebih gentle lagi coba ngomong baik-baik sama pihak yang kita benci itu. Mungkin aja kan bisa jadi masukan buat dua-duanya. Trus biar apa sih harus muna gitu? Rasanya ingin menghujat generasi micin zaman sekarang.

Prihatin banget sama pergaulan zaman sekarang. Moral dan akal udah rusak semua. Entah itu narkoba, seks bebas atau yang lebih parah.. degradasi NORMA SOSIAL. Ini gila. Bahkan orang seperti gua yang dulu selalu berpikir dunia ini sebagai dongeng indah yang di dalamnya gak ada orang jahatnya (yah ada tapi sedikit) mulai merubah mindsetnya ‘dunia itu keras-dunia itu kejam’.

Gak ada kesempatan buat orang-orang yang lemah, polos dan cengeng. LO HARUS THOUGH! Berjuang buat segala kemungkinan yang akan terjadi di hidup ini. Dikhianati sahabat dekat, ditinggal pacar, dikucilkan temen, DIPHP DOSEN … lo beneran harus siap dengan segala kemungkinan-kemungkinan gila itu. Karna memang benar, hidup lo yang punya itu cuma lo sendiri. Lo harus terbiasa berjuang sendiri karna sampai akhir hidup lo juga lo bakal sendirian. Mati sendiri dan dikubur sendiri. Entah sejak kapan gua juga jadi lebih suka sendirian dibanding sama orang lain. Dengerin musik melow sambil menengadah ke atas langit persis ala-ala syuting video klip .. padahal kenyataannya jauh banget.

Sendirian itu sekarang lebih menyenangkan buat gua. Gua bisa berpikir tentang banyak hal. Sentimental sama banyak hal. Mengenal diri sendiri lebih banyak lagi. Berpikir tentang kesalahan-kesalahan gua dimasa lalu dan mencoba untuk tidak meratapinya lagi. Trus gua bisa berpikir tentang masa depan yang masih abu-abu itu. Rasanya menyenangkan deh!

Tapi itu bukan berarti gua harus sendirian juga selama sisa hidup gua. JANGAN!! inget kita butuh orang lain juga. Walau gimana pun kita akan tetap bersinggungan dengan orang lain sedikit banyak. Intinya tetap bersikap baik dan jangan sampai perasaan kita terlihat jelas aja. Simpan perasaan itu rapat-rapat di dalam hati lalu keluarkan di saat dan pada orang yang tepat.

Karna benar.. hidup itu bukan tentang orang lain, bukan tentang dia yang hatinya tidak terlihat sementara kamu sanggup menyebrangi samudra untuk menemuinya. BUKAN! Hidup itu cuma tentang diri sendiri dan bagaimana bertahan sampai akhir.

Walaupun begitu.. gua juga masih punya banyakkkkk kok orang-orang yang sayang sama gua. Yang suka tanya gua udah makan apa belom? (emak gua), yang tanya gua kapan pulang ke bekasi?, yang ngajak makan ketan di alun-alun batu, yang tanya gua udah pernah coba menu di restoran ini belom? wah banyak deh.. gua cuma harus menikmati semua itu kan? Begitu lah hidup. Selain berjuang kita harus menjalaninya dengan bersyukur.

 

Advertisements

One thought on “Relation of human

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s